Imam As Syafi’i tidak suka kuburan dibangun dan dikapur

4 Mei

Imam As-Syafi’i berkata :

 “ Aku suka jika kuburan tidak ditambah dengan pasir dari selain (galian) kuburan itu sendiri. Dan tidak mengapa jika ditambah pasir dari selain (galian) kuburan jika ditambah tanah dari yang lain akan sangat tinggi. Akan tetapi aku suka jika kuburan dinaikan di atas tanah seukuran sejengkal atau yang semisalnya. Dan aku suka jika kuburan tidak dibangun dan tidak dikapur karena hal itu menyerupai perhiasan dan kesombongan… Aku telah melihat di Mekah ada diantara penguasa yang menghancurkan apa yang dibangun diatas kuburan, dan aku tidak melihat pera fuqohaa mencela penghancuran tersebut ” (Al-Umm 1/277) .

Pertanya’anya :

Apa maksud perkata’an imam Syafi’i aku suka jika kuburan tidak dibangun dan tidak dikapur karena hal itu menyerupai perhiasan dan kesombongan ?

Bukankah orang orang yang mengatakan adanya bid’ah hasanah mereka suka membangun kuburan dan mengecatnya , perbuatan yng tidak Imam Syafi’i sukai .

Tinggalkan komentar